Pengetahuan
Filing (kearsipan).
Kehidupan
manusia terlebih pada zaman teknologi ini kegiatan manusia tidak bisa terlepas
dari pada kearsipan, karena semua kegiatan manusia diiringi oleh benda
arsip. Begitu manusia akan lahir di dunia, sudah harus membutuhkan benda
arsip. Pada saat lahir harus segera
diupayakan adanya dokumen-yang terkait dengan kelahiran tersebut. Sebagai contoh : Surat keterangan Dokter, Kwitansi, Surat
lapor diri ke RT/Rw dan kelurahan, foto copy ijasah dan dokumen lainnya yang
dibutuhkan untuk pengurusan surat Akte kelahiran. Pengurusan tersebut tidak
bisa ditunda-tunda hal ini akan menimbulkan pengurusan yang sulit.
Perkembangan selanjutnya banyak/sedikitnya tergantung
dari pada aktivitas manusia tersebut, semakin maju aktif manusia semakin
bertambah jumlah arsip/surat yang mereka buat atau terima, Begitu juga suatu perusahaan atau instansi
maju mundurnya bica dilihat dari jumlah penerimaan, pengriman suarat maupun
jumlah asrip yang mereka simpan. Bigitu
juga cara pengelolaan benda arsip semakin baik penyimpanan dan pencariannya
semakin teratur administrasi perusaan/kantor tersebut.
Tetapi sebalinya bila pengelolaan aarsipnyapun tidak
teraatur. Data dan fakta yang tersimpan tersebut sulit atau lama ditemukan maka
menmbulkan suatu indikasi bahwa pekerjaan Sekretaris kurang baik dan
Sekretarisnya kurang trampil dan cekatan.
Seorang Sekretaris adalah pembantu atau tangan kanan
Pimpinan terutama dalam bidang administrasi, baik buruknya tergantung padanya.
Pimpinan pada umumnuya hanya mengetrahui hasil akhir dari kegiatan tersebut, apabila membutuhkan arsip harus segera dapat ditemukan dan segera diserahkan kepada beliau, Disiplin inilah tugas Sekretaris akan teruji apakah mereka melaksanakan pekerjaan dengan cekatan, rampil, teliati dan tanggung jawab, seandainya mereka bekerja dengan kemampuan dan pengetahuan yang memadai, maka arsip tersebut dapat disajikan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Dengan ditemukan data dan dakta secara capat berarti Sekretaris ikut membantu mempermudah Pimpinan mengampil keputusan.(bahan Diklat BLK. Thn. 1992 ).
Cepatnya penemuan data akan menimbulkan keuntungan
dipihak perusahaan dan akhirnya Pimpinan akan menilai bahwa sekretarisnya
adalah Sekretaris Andalan. Dan kelak
mereka akan berhasil guna sesuai dengan perkembangan dan prestasi secara
bertahap yang mereka raih.
Dengan terlambatnya penemuan data maka kemungkinan
akan tertundanya pengambilan keputusan dan ini bisa menimbulkan sutau kerugian
waktu, tenaga dan matreal, kerugian itu semua berarti menghambat parestasi
perusahaan.
Padahal persaingan dunia usaha semakin ketat, satu
sama lain saling berlomba untuk mencari informasi, data dan fakta secepat
munkin, terlambat menerima informasi berarti kalah dalam persaingan, karena
berarti mereka terlambat megerjakan, menyelesaikan suatu masalah.
Sehingga bisa diambil suatu kesimpulan bahwa seorang
Sekretaris harus bisa mengerjakan tanggung jwabnya secara baik agar karier
mereka berkembang, seiring dengan perkembangan perusahaan.
Seorang sekretaris merupakan pusat informasi bagi
Pimpinan dan karyawan lainnya dan disini Sekretaris dituntut untuk dapat
menyajikan suatu data secara cepat dan tepat.
Disamping itu pula merahasiakan suatu data adalah merupakan tanggung
jawab yang penting. Baik itu rahasia
Pimpinan, rahasia perusahaan dan masalah lain yang perlu dirahasiakan. Pada umumnya sebagian besar rahasia
perusahaan terletak di arsip/dokumen.
Untuk itu penyusunan arsip sangat dibutuhkan ketelitian, kerapian,
keteraturan dan juga tak kalah pentinya kepribadian dan ketrampilan seorang
Sekretaris dalam mengemban tugasnya.
Arsip Sangat Penting Sekali dalam "Kehidupan" Sehari-hari terutama dalam suatu "Organisasi" sangat sutuju
BalasHapus